Oleh :
Eliza Verdianingsih
Kholis Firmansyah

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan dasar dari proses pembentukan karakter suatu bangsa yang tidak mengabaikan nilai-nilai karakter mulia. Pendidikan karakter yang berkualitas akan melahirkan kepribadian yang unggul yang tidak hanya memiliki kemampuan kognitif saja tetapi juga memiliki karakter yang mampu untuk mewujudkan kesuksesan. Pendidikan karakter di perguruan tinggi merupakan kelanjutan dari proses pendidikan karakter yang telah dibangun dan dikembangkan sejak pendidikan dasar. Program studi pendidikan matematika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah memiliki visi dan misi yng salah satunya menghasilkan guru professional dan peneliti di bidang pendidikan matematika yang berakhlakul kharimah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika serta mendeskripsikan faktor penunjang dan penghambat pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika pada program studi pendidikan matematika di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah telah dilaksanakan dengan mengintegrasikan dalam kegiatan pengembangan isi materi perkuliahan matematika, pemilihan pendekatan, metode atau strategi yang digunakan dalam pembelajaran matematika, serta kegiatan pembiasaan proses pembelajaran matematika. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik untuk berinovasi dalam peningkatan mutu pembelajaran matematika yang berkaitan dengan pembentukan karakter mahasiswa.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Matematika.

__________________________________________________
Jurnal ini diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasinal Multidisiplin (SNAMI) Vol.2 No.1 (2019)
Lebih lengkapnya bisa didownload disini